25 April 2024

Kecamatan Kesambi Kota Cirebon

Cirebon Smartcity | Gemah Ripah Loh Jinawi

Bimtek Pengelolaan Website & Media Sosial Untuk Keterbukaaan Informasi Publik

Cirebon (14/10/19)- Keterbukaan Informasi di era digital merupakan kebutuhan sekaligus kewajiban bagi instansi pemeirntah untuk menyebarluaskan kepada masyarakat, medianya pun beragam bukan hanya surat kabar, ada media sisal facebook, instagram atau twitter dan tentunya halaman website.

Dalam rangka menjawab kebutuhan tersebut, Kecamatan Kesambi menggelar pelatihan pengelolaan website dan media sosial untuk operator IT Kelurahan dan Kecamatan, acara tersebut diadakan diaula kecamatan kesambi dari tanggal 14 sampai dengan 18 Oktober 2019. Acara yang dibuka langsung oleh Camat Kesambi Bapak Subrata, S.Sos, MM. dan dihadiri juga oleh Kabid Statistik Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Cirebon, Bapak Tubagus Maulana Yusuf, S.Kom.

“Kita tidak boleh tertinggal diera digital ini, kebutuhan masyarakat semakin komplek akan informasi, minimal kita harus bisa mengimbangi perkembangan zaman, karena 5 tahun ke depan penduduk kita bakal didominasi oleh penduduk milenial” Ungkap Pak Camat dalam sambutannya.

Camat Kesambi juga menekankan kesadaran setiap operator IT untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, karena barometer keberhasilan kegiatan ini adalah banyaknya informasi mengenai kecamatan atau kelurahan di wilayah kesambi semakin  mudah diakses.

Kabid Statistik DKIS, Bapak Tubagus Maulana Yusuf juga menyampaiakan ” Yang kurang dikota Cirebon bukan teknologi, tapi publikasi, saya harap teman-teman dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan publikasi membuat berita ataupun konten media sosial”.

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.30 dan pemateri menjelaskan materi pengelolaan website.

“Publikasi adalah kunci kita dalam membangun keterbukaan informasi bagi masyarakat, ada banyak hal yang dapat dipublikasikan dalam website ataupun media sosial, contohnya kegiatan kelurahan ataupun tentang pelayanan yang ada ditiap instansi, membuat berita itu mudah” imbuh Asep Sunandar, ST. pemateri dari Orbit Indonesia Persada.

Dengan adanya kegiatan ini semoga langkah awal dalam pembangunan keterbukaan informasi dikota Cirebon khususnya wilayah Kecamatan Kesambi.